Wednesday, September 5, 2012

50 cara meningkatkan kemampuan otak 3

21) Membuat artikel — Menulis adalah salah satu cara yang dapat membuat kita menghubungkan kapasitas berpikir otak kita dengan ekspresi emosional kita yang tertuang dalam tulisan. Melakukan kegiatan ini dalam waktu yang regular akan membuat otak kita mudah untuk memproses hal-hal yang sifatnya analisa. Diary, tulis blog seperti yang saya lakukan dapat membantu otak saya berkembang.
 
22) Membayangkan sesuatu (Visualize)
— Proses visualisasi yang di lakukan oleh para atlet sebelum mereka bertanding membuat mereka dapat bertanding bahkan mampu memenangkan kompetisi yang mereka ikuti. Proses membayangkan ini memasuki area dalam bagian otak yang dalam yang dapat menstimulus cara kerja tubuh kita.

23) Tidurlah
— Pastikan anda memenuhi kebutuhan otak anda yaitu tidur. Tidur membiarkan otak kita di tenangkan dan di bersihkan dari pikiran yang tak perlu dipikirkan. artinya ada waktu istirahat bagi otak untuk bekerja. Setiap orang memiliki kebutuhan tidur yang berbeda. Namun pastikan kebutuhan tidur anda terpenuhi karna jika tidak, anda akan berpikir untuk mencari waktu untuk tidur siang.
 
24) Lakukan sugesti
— Memberikan diri kita sebuah sugesti yang baru dan benar dapat menggantikan beberapa hal buruk yang tak perlu kita alami dalam hidup. Contohnya dengan sugesti ini dapat membuat kita dapat mengurangi rasa sakit, berpikir lebih positif, merendahkan kadar stress.
 
25) Maen tekateki silang
— tekateki silang membantu otak anda untuk dapat mengakses ingatan masa lalu anda dan berpikir secara kritis. Tantangan untuk dapat menyelesaikan tekateki silang sangat membantu untuk menstimulasi cara kerja otak. Kalo2 lagi baca koran, kalo ada tekateki silangnya, ya coba2 aja dikerjain.
 
26) Makan kacang
— mahasiswa di Brazil dan amerika selatan memakan kacang sebelum mereka mengikuti ujian di kampusnya. Kata mereka dengan memakan kacang mereka dapat menghasilkan score yang lebih baik.  Akhirnya para peneliti mengadakan riset mengenai kandungan yang ada didalam kacang dan kaitannya dengan kinerja otak dan ternyata ada hasil yang mengkonfirmasi adanya hubungan tersebut dimana kacang - kacangan dapat membantu kerja otak lebih baik.

27) Membaca buku — Membaca buku melatih kita untuk dapat menyerap informasi sebanyak mungkin dalam waktu yang singkat. Dengan melakukan aktivitas ini, membuat otak kita harus dapat secara cepat beradaptasi dengan otot mata yang bergerak membaca tulisan serta otak kita yang memproses setiap informasi yang masuk.

28) Dengarkan musik klasik
— Mendengarkan musik yang sebelumnya membuat otak kanan menjadi lebih baik. akan tetapi yang kali in musiknya yang klasik bisa membuat otak kiri yang bertanggungjawab mengenai hal- hal logika dapat berpikir lebih baik. Cobalah musik-musik karya Mozart. riset membuktikan hubungan musik mozart dengan score yang didapat mencapai 80% keakuratannya.

29) Main “Brain Age” — Permainan games seperti “Brain Age” yang ada di nintendo DS bisa ngebantu kita melatih otak kita juga lo... Game ini meransang otak kita dalam mengingat informasi, memproses secara cepat dan banyak beberapa problem simple yang harus di selesaikan dengan pemikiran alami yang simpel.

30) Tidur siang
– Tidur siang boleh dilakukan bila ditengah hari rasanya ada cape dsb. Ambil waktu sejenak untuk tidur yang dalam. Kualitas tidur yang kita lakukan disiang haril membuat hari kita jauh lebih segar  dan boosting otak cara kerja otak kita lo.... tapi tidurnya jangan kelamaan.

gracias,

Toro

No comments:

Post a Comment